Sarana Umum

Sekolah

Di Desa Watulawang hanya ada 1 Sekolahan, yaitu Sekolah Dasar Negeri Watulawang.  Murid – muridnya adalah anak – anak watulawang itu sendiri dan sebagian dari Desa Peniron sebelah Barat ( dukuh Perkutukan dan Pertapan ).

Sekolah ini dulunya ada dua, SDN Watulawang 1 dan SDN Watulawang 2, namun berkaitan dengan kelangkaan murid, akhirnya di satukan kembali menjadi SDN Watulawang yang beralamat di Rt. 02, RW 01 Desa Watulawang.

 

Tempat Ibadah

Penduduk Watulawang 100 % adalah beragama Islam. Tempat ibadah bagi umat Muslim di watulawang adalah Masjid dan Musholla. Desa Watulawang memiliki 1 Masjid dan 3 Musholla yang tersebar di masing – masing dukuh.

Masjid Miftahul Huda tampak depan

Masjid Miftahul Huda tampak depan

Masjid yang di beri nama ” Miftahul Huda ” beralamat di RT. 06 RW. 02 Desa Watulawang tepatnya bersebelahan dengan Balai Desa Watulawang. Pada mulanya masjid ini bernama Masjid Al-Huda dan  bertempat di RT. 01 RW.01, namun karena lokasinya yang sempit, juga keadaan yang tidak mendukung akhirnya di pindah ke samping Balai Desa. Hingga saat ini masjid masih dalam taraf pembangunan/ pembenahan, walaupun sudah di pergunakan untuk tempat ibadah. Pembangunan Masjid tersebut di danai oleh desa, dan bantuan dari warga perantauan. Kondisi terakhir ( Lebaran 1929 H ) atau Oktober 2008, Masjid sudah layak digunakan, lantai sudah dikeramik, Pintu dan jendela juga sudah terpasang ( walaupun belum ada kacanya ).

Musholla di watulawang ada 3, di dukuh Pranji , dukuh Era, dan dukuh Kebayeman. Musholla di Pranji dan Era, sudah lama ada dan di pergunakan, tetapi yang di Kebayeman, sedang dalam proses pembangunan. Dana pembangunan nya sendiri merupakan swadaya dari masyarakat kebayeman itu dan bantuan dari perantau.

 

Balai Desa

Sebagaimana umumnya desa – desa lain, Watulawang juga memiliki Balai Desa yang beralamat di RT. 06, RW 02 Desa Watulawang, sebagai sarana tempat kumpul para warga, Pusat perkantoran Pemerintah Desa, dan Pusat ke sekretariatan Karang Taruna dan PKK. Balai Desa juga sebagai tempat untuk Acara – acara  ke Desa -an, antara lain tempat Perayaan Agustusan, hajatan desa, ruwatan desa, dan lain sebagainya. Balai Desa memiliki Aula utama di sisi sebelah timur, Perkantoran Pemdes di sebelah baratnya,  dan Kesekretariatan Lembaga- lembaga desa lainya.

4 responses

25 02 2010
Wahyu Ika

Dua SD jadi satu pasti dech tambah maju !!!!, Soalnya papaku juga dulu disitu lho ! Kenal Pak Teguh Khan ?!. Maju Watulawang !!!

5 03 2010
Gareng Cilik

Wahyu Ika, selamat datang di blog nya Desa Watulawang.
klo tambah maju apa tidak, itu tergantung dari beberapa faktor, siswa, guru, dan sarana penunjang..
tapi dengan di merger semoga menjadi tambah maju dehh, amiinn..
Pak Teguh .. hemm, aku sekolah di SD tahn 1991 s/d 1996
klo boleh tau Pak Teguh di Watulawang tahun berapa ya ?

5 05 2013
NurArifin rasta fara

wahhh
aku anak watulawang era ..
aku bingun mau komentar apa
yg penting aku mau kirim salam buat guru sd watulawang
guru qu: Kukuh Jatmiko…..

8 05 2013
Yasin/Gosin

Assalaamu’alaikum kang gowan, gemana kabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: