Riwayat

Sejarah Desa

Menurut Riwayat, Desa Watulawang pertama di buka oleh Mbah Kebayeman ( Mbah Santanaya ) yang merupakan Buyut dari Mbah Agung Kajoran. Mbah Agung sendiri adalah sebagai pelopor pembukaan lahan lahan di daerah Kajoran, Watulawang, Peniron, dan sekitarnya. Kemudian di susul Mbah Mertanaya yang juga masih Canggah ( keturunan ke 4) dari Mbah Agung.

Mereka Bersama sama membakari hutan di perbukitan sebelah Lor Gunung Pranji, dan menjadikan sebagai lahan pertanian dan tempat tinggal. Konon Jaman dahulu, alas – alas di babat masih sangat wingit, sehingga Eyang kebayeman bersama pengikutnya sering menjumpai hal – hal yang gaib, salah satu contohnya pada waktu membabad alas di daerah wungu dengan cara membakar, ada suatu tempat yang tidak terjamah api sama sekali, setelah di amati ternyata ada 2 buah benda yaitu Pethet (sisir) dan Pengilon ( cermin ) untuk menandainya di buatlah kuwu ( tempat yang di keramatkan, disucikan ) yang sampai sekarang masih ada.

Nama Watulawang sendiri di ambil dari nama batu yang menyerupai pintu yang terletak di persawahan watulawang ( Foto Pendukung belum ada ) dan batu itu sampai sekarang juga masih ada, bentuknya memang mirip pintu, tapi katanya sekarang sudah berubah posisi ( melebar ).

Eyang Kebayeman menurunkan trah – trah Eyang di Watulawang, bahkan ada beberapa juga yang menjadi Lurah.

Mbah Mertanaya menurunkan darah biru sebagai Lurah di Watulawang, bahkan sampai saat ini. Anak ke-empat dari Mbah mertanaya yaitu mbah Mertaguna bersuamikan mbah Mertaguna dari Karang Kemiri yang kemudian menjadi  Lurah pertama di Watulawang.

Karena suatu hal, mbah Mertaguna menyerahkan Jabatannya, dan mengungsi ke bawah ke daerah Pertapan ( Peniron ), dan mukin disana sampai wafatnya  dan di kebumikan di Bulu gantung.

Sebagai gantinya, adalah keponakannya sendiri, yaitu mbah Danawangsa ( Putra mbah Ketawangsa kakak dari Ny. Mertaguna ) dan seterusnya sampai sekarang seperti susunan di bawah ini :

 Sejarah Lurah Watulawang:

 

  1. Mertaguna
  2. Dana wangsa
  3. Santika
  4. Majatirta
  5. Cawirana
  6. Sanreja
  7. Pancasemita
  8. Kramareja                1918 – 1965
  9. Dapin                       1965 – 1966 ( masa pemberontakan PKI )
  10.  Sawad                     1966 – 1988
  11.  Sudjanto                 1988 – 1998
  12.  Dirun                      1998 – 2006
  13.  Warsono                 2006 – 2013
  14. Dirun                       2013 – 2018

95 responses

27 10 2008
Gareng Cilik

nuwun sewu,
mbok bilih saru, kathah kekurangan lan kalepatan, kulo nyuwun gunging samudro pangaksami. Cerita meniko dipun tulis dening kulo piyambak, sing sumberipun ngolah saking ceritane tiyang sepuh wonten watulawang. kulo yakin kathah klenta klentunipun, lan kulo mboten nutup saran, kritik sing saged ngleresaken cerita meniko. Kawulo terinspirasi nulis meniko sebab sejarah tentang watulawang piyambak menurut tiyang sepuh wonten watulawang mpun mboten wonten sing mangertos, namung grambyang – grambyang ( samar ). Menawi dipun jor aken, mangkenipun mesthi soyo ical, karna faktor regenerasi. Sak derengipun nulis meniko, kawulo sampun sowan dumateng beberapa sesepuh, lan kathah ingkang mboten mangertosi, keadaan meniko sing nggugah kreteg kawulo supados dipun serat kangge cerita dumateng putra lan wayah kito sedoyo.
matur suwun, ..

28 10 2008
Shun

matur suwun kagem mas gareng cilik ingkang sampun kerso kondur dateng watulawang lan madosi informasi tentang sejarah watulawang (aduh bahasa kramaku wis ilang kabeh)

dengan adanya tulisan perintis ini semoga nanti nya bisa disempurnakan, agar sejarah desa kita tidak hilang tertelan jaman

28 10 2008
Gareng Cilik

@ mas Naryo, ya kuwe mung gramaki, nek sejarah sing runtut temenan wong watulawang dewek pada ora ngerti, soale ya kuwe kawit gemien mung turun temurun liwat dongeng, bocah siki wis pada bebeh nek di dongengi nang kakine utawa ninine, nganti kaki ninine dewek pada ninggal, cerita jaman dulu melu kekuburan, padahal kuwe ilmu sejarah, lah mbok ngasi ilang babar blas, ya kuwe aku mung bisa ndasari thok, mbok ana sing duwe crita luwih kumplit, ya njaluk critane ben crita kiye luwih kumplit.

4 11 2008
dito06

Wahhh….kayane pas temen ya sejarah riwayat desane rika ya Kang Gareng?
iya kudune tah ana narasumber tentang sejarah desa,tapi tekan siki sing pada dadi sesepuh desa juga pada jarang sing ngerti…moga2 baen senajan Kang Gareng cs le gawe riwayat desa ndadak nggramaki tapi saora2ne bisa nggo paugeran marang generasi penerus kita mengkone……..

kesuwun klilannnn

4 11 2008
wong watulawang

Matur suwun kang sugi… pun kersa mampir
ya muga2 di awali dengan hal ini, nantinya bisa di sempurnakan dadi sejarah sing runtut temenan, dadi sing rumangsa wong kene kiye tetep ngerti sejrah desane,,,
amiinnnn kang Sugi dongane..
seka logandu ulih apa kiye, hehehhe

19 01 2009
francisc0 santoso/otong

saya berdoa saja .semog@ watulang tambah maju,,,,,,,,,,,,,karena aku juga dilahirkan di desa watulang””””””””’

12 02 2009
Gareng Cilik

Amiiinn kang santo,,🙂 ternyata rika esih peduli maring tanah kelahirane dewek,🙂

11 05 2009
Sukarno, thutukan/karanggayam

Matur kesuwun sanget dateng mas gareng, sanajan kulo tiyang solo nanging kulo dangu wonten tutukan, kulo sering tindak watulang lan peniron.. Mugi2 mas gareng cz angsale nuturaken mboten lepat alias leres sedanten AMIN…xxx

12 05 2009
Gareng Cilik

Amiinn.. Yaa Robbal ‘Alamiin
Sugeng rawuh dumateng mas Sukarno.
Kulo mung ngawali crita, yang merupakan hasil penuturan dari para sesepuh di Desa Watulawang, mengenai riwayat yang sesungguhnya itu tidak ada yang tau, semua hanya mengira2 yang bersumber dari dongeng turun temurun dari para leluhur..
sampeyan manggone wonten pundi mas ? nek teng Kr. Gayam, mbok mampir ngetan nek aku pas nang Watulawang🙂
suwun..

14 01 2010
Riomun

Bnr kang gareng q salut kro desa wtulawang…snjan penduduke meng sitik tp manjalin persodaran sangt kompak.maju trus Watulawang…ya snjan qcws pindah meng peniron tp Watulawang adalah Tanah kelahiran q.Matur nuwun kang garene q dadi ngerti sjarah Desa Watulang.

2 02 2010
sardiyanto

pet yoh deneng ora tau ditiliki maning anu keprie deh aja ngemprah koe.

9 02 2010
Gareng Cilik

@ Rio mun, matur nuwun..
kuwe sejarahe be anu mandan gragap, goleti tuk sapethil, nek ana info tentang sejarah, mohon di sharing
@ Sardiyanto, iya kiye, rewangi gehh.. ngurusi dewekan mandan repot je he he he
agi mandan ora kober mbarang..

12 02 2010
aly

Ass. untuk saudara-saudaraku, saya mohon informasi tentang siapakah mbah agung kajoran. soalnya saya bersama keluarga dari sumedang (asal usul dari karang anyar kebumen) pernah sekali ziarah ke makam mbah agung kajoran, bahkan yang menjadi penjaga makam di sana (kuncen) masih keluarga. bahkan gaya batu nisan dari kayu di sana sama persis dengan makam kakek buyut saya yang di karang anyar (nama kampung lupa lagi namanya) karena katanya keluaga saya di sana memang masih dari keturanan mbah agung kajoran. mohon informasi dan bila salah perkataan atau maksud mohon dapat dimaafkan. terima kasih Wass.

15 02 2010
Gareng Cilik

Wassalamu’alaikum mas Aly
Terima kasih sudah mau mampir..
saya sendiri kurang paham tentang persisnya, tapi menurut cerita orang tua, Mbah Agung Kajoran itu asal mulanya katanya dari daerah Solo, bahkan menurut cerita Beliau masih keturunan Pakubuwanan.
Beliu di perkirakan yang membuka lahan di daerah Kajoran dan sekitarnya..
kalau mau info lebih lengkapnya, nanti bisa saya cari info ke daerah dan diposting disini
terima kasih

13 04 2010
S Gayodh K

bagus kang gareng…. di tambah maning tulisane kuwe…

13 04 2010
S Gayodh K

ben tambah lengkap… tambah akeh maca-ne

13 04 2010
S Gayodh K

aq ra isa koment sing apik2/sing akeh2/sing angel2 sebab anu ora isa uga anu wis ngantuk arep turu… salut buat catatan mas gareng…. idep2 karo2ne nguri uri budayane dewek

3 10 2010
razmanto

siiiip,lanjutkan

Terima kasih mas Rasmanto…
mari kita lanjutkan !!!!!!!!!!

1 02 2011
marwan afandi

Salam kenal.. koq saya juga punya cerita ttg eyang buyut ku ya..
Sunan Kajoran, alias Pangeran Rogo Ito, alias Mbah ijo.. Pasukan yg diutus dari banten utk membantu perang diponegoro,.. setelah Diponegoro tertangkap.. beliau msh berperang sendiri sampai th 1855, hingga wafat pihak keluarga kerajaan engan mengakui beliau sebagai keluarga. mohon koreksi apa bila salah.. tks.. salam

mas Marwan, mari kita sama2 cari ttg fakta sejarahnya, makasih

7 02 2011
Nasin Elkabumaini, M.Pd.

Ass. urun rembug, Mbok menawi Mbah Kajoran punika tesih wonten sambung rapetipun kalih Pangeran Bumi Dirja. Pangeran Bumi Dirja niku adine Sultan Agung Metaram ingkah mlajar sakingMetaram sebab bade dipun sedani dening Amangkurat I. Piyambakipun pindah wonten kelokan kali Lukulo (Tembaga) lajeng ndamel padepokan…pekarangan Pangeran Bumi Dirja dipun sebut Karang Kabumian, inggih dados nami Kebumen…dene Mbah Kajoran punika Panembahan Kajoran, mertuaniupun Pangeran Trunojoyo, ingkang mbalela dumateng Amangkurat I. Amangkurat I seda wonten Tegal, Amangkurat II, nyuwun bantuan VOC, nangkep Pangeran Trunojo. Mbah Kajoran lan pengikut ingkang taksih gesang lajeng sumebar wonten saindenging tanah Jawa, inggih mbok menawi menika Mbah Agung Kajoran…. salajengipun Sunan Mas sareng Untung Suropati gabung melawan Belanda. Pangeran Puger sepisan malih nyuwun bantuan Belanda. Untung Suropati dipun sedani, ananing namung klambi pujan, panjenenganipun mlajar wonten Desa Clapar, sandingipun deso kulo Logandu…wonten puniko dados pemadanging ndeso, njur katelo Mbah Kepadangan….Mbah Kepadangan ingging pun Untung Suropati punika kadang putra Mbah Sudimampir, Mbah Sudimampir gaduh putro Mbah Suradiwangsa ingkah dados pepunden wonten Desa Logandu…. wallahu a’lam bisohwab.

7 02 2011
Nasin Elkabumaini, M.Pd.

Ass. kulo bade urun rembug, Mbok menawi Mbah Kajoran punika tesih wonten sambung rapetipun kalih Pangeran Bumi Dirja. Pangeran Bumi Dirja niku adine Sultan Agung Metaram ingkah mlajar sakingMetaram sebab bade dipun sedani dening Amangkurat I. Piyambakipun pindah wonten kelokan kali Lukulo (Tembaga) lajeng ndamel padepokan…pekarangan Pangeran Bumi Dirja dipun sebut Karang Kabumian, inggih dados nami Kebumen…dene Mbah Kajoran punika Panembahan Kajoran, mertuaniupun Pangeran Trunojoyo, ingkang mbalela dumateng Amangkurat I. Amangkurat I seda wonten Tegal, Amangkurat II, nyuwun bantuan VOC, nangkep Pangeran Trunojo. Mbah Kajoran lan pengikut ingkang taksih gesang lajeng sumebar wonten saindenging tanah Jawa, inggih mbok menawi menika Mbah Agung Kajoran…. salajengipun Sunan Mas sareng Untung Suropati gabung melawan Belanda. Pangeran Puger sepisan malih nyuwun bantuan Belanda. Untung Suropati dipun sedani, ananing namung klambi pujan, panjenenganipun mlajar wonten Desa Clapar, sandingipun deso kulo Logandu…wonten puniko dados pemadanging ndeso, njur katelo Mbah Kepadangan….Mbah Kepadangan ingging pun Untung Suropati punika kadang putra Mbah Sudimampir, Mbah Sudimampir gaduh putro Mbah Suradiwangsa ingkah dados pepunden wonten Desa Logandu…. wallahu a’lam bisohwab.

terima kasih banyak mas Nasin atas infonya, semoga bisa semakin melengkapi sejarah.. matur suwun

22 03 2011
yudha

nuwun sewu mas badhe nambah komentar,,,,,,,tulisan yg paling atas disebutkan “Mbah Agung Kajoran” apakah sama dengan Panembahan Agung Kajoran,,
karena saya lagi mengkroscekkan dengan Leluhur saya,,
matur nuwun mas

mas Yudha, mbah = panembahan.. kayaknya sama mas
klo boleh tau mas asal mana ya ?
suwun

5 08 2011
toniem

jare mbah agung kajoran esih ana hubungane karo brawijaya 5 , brarti aku dicritani salah yah

16 08 2011
edi haryanto

mas greng aku jg masih keturunan mbah agung kajoran yg ada di kutawis brarti kita masih saudara

26 08 2011
Nasin Elkabumaini

Kalau diselidik-selidik memang tampaknya, Mbah Kajoran itu Pangeran Kajoran. Dalam cerita memang sering ada duplikasi makam, cerita, atau lainnya, seperti makam Untung Suropati ada 2, yakni makam Mbah untuk di Pasuruhan dan yang di Clapar…Pangeran Diponegoro juga ada dua makam, Tjut Nyak Dien jg ada ada 2…yang benar yang mana, Wallohu a’lam. Hanya Allah yang tahu…

8 10 2011
aq mahluk yg sgt di cintai rabbku Allah swt

aslkm buat poro sedulur trah mbah agung kajoran tlg doakan sy yg sdg menyusun data lengkap tentang jatidiri beliau: data2/catatan yg tersebar sementara ini menerangkan beliau adalah keturunan pakubuwanan?? berita ini 100% tdk valid(keliru) sy secara ilmiah sdh hampir menemukan manuskrip/catatan2 yg mendekati kebenaran tentang jati diri beliau yg sebelumnya memang sengaja sgt dirahasiakan tentang jatidiri beliau sebenarnya: sy ungkapkan sedikit skrg:mbah agung kajoran kebumen(rdn donosari)@pnembahan rama@rdn kajoran ambalik@sunan kajoran dids gringging sari pemalang@sunan kejaksan adalah “org yg sama’ (al arifun gunawan alkajorani)

24 10 2011
Gareng Cilik

Terima kasih atas junjungannya dari rekan2 blogger, mohon maaf saya baru sempet nengok ni, lama tidak masuk blog…

untuk pembahasan lebih lanjut mengenai Mbah Agunbg Kajoran, saya sendiri masih awam , mari yang bener2 mengetahui kita sama2 sharing disini, sehingga kalau ada rekan lain yang cari informasi bisa menjadi referensi, matur suwun

12 12 2011
yusronmusthafa

Pangeran Kajor adalah putra Panembahan Senopati dengan putri Lawean, kebetulan saya masih keturunan beliau

12 12 2011
yusronmusthafa

gdddddd

12 12 2011
yusronmusthafa

mohon informasi yang lebih luas tentang pangeran kajor

21 12 2011
Gareng Cilik

mas Yusron, ini saya juga sedang menunggu dari mas Notosuwiryo untuk cerita sejarahnya, mohon di tunggu ya, terima kasih

24 12 2011
eko

maaf pak..
tolong di konfirmasi juga..
apa ada keturunan panembahan kajoran di wilayah kab banyumas. tepatnya kecamatan tambak.
karena ada silsilah dr buyut yg masih keturunan panembahan kajoran. matur suwun

mas Setiadi..
untuk informasinya saya belum dapat secara runtut saya masih menunggu dari rekan,,
nanti klo sudah ada, pasti saya posting🙂
terima kasih..

27 12 2011
Puspo

makasih infonya..mbahku juga biasanya cerita tapi aku g maksud….saya maklum kalau sejarah kita zaman dulu banyak yang kabur…soalnya manuskrip aslinya banyak yang di bawa panjajah atau di hancurkan.aku guru di karanggayam kalau ada tolong cerita asal – usul dukuh tedunan desa giritirto,kecamatan karanggayam.maturnuwun

mas Puspo.. nggih mangke menowo sampun angsal kulo posting wonten mriki..

16 01 2012
mas bumi notosuwiryo

kebenaran sejati hanya milik Allah swt !!!, makam asli beliau dikajoran kebumen !!!,pangeran kajoran,panembahan kajoran,panembahan rama,rdn kajoran ambalik,sunan kajoran gringging sari,adalah org yg sama: terlahir dgn nama kecil rdn donosari ,anak dari rdn suroso/alias pangeran kajoran sepuh beliau cucu sunan giri dari panembahan senopati dari garis ibu dan cucu sunan tembayat dari garis ayah (semasa hidupnya beliau memiliki empat org istri dua diantaranya adalah cucu panembahan senopati dari pangeran purbaya (rdn ayu purbaya 2,satu dari pangeran selarong (rdn ayu wangsa cipta,ada dgn salah seorang istrinya beliau tdk memiliki anak, dan ada slh satu putri beliau hingga tua ada yg tdk kawin/menikah genetik wanita tdk kawin ditrah kajoran dilalah msh menurun hingga generasi ke 7 & 8 dikebumen ada 3 org dijakarta 2 org dan byk lg disentra2 lokasi penyebaran putro wayahnya???,semasa hidup beliau (p kajoran adalah seorang ulama/mursyid tarekat,tabib/ahli pengobatan) anak cucu keturunannya menyebar ada disekitar kajoran kebumen,banyumas/purbalingga,gunung kidul,klaten,ponorogo, tarisi/ciamis,serta byk jg dilampung/krn ikut migrasi pd jaman belanda

matur suwun mas Bumi atas penjelasannya,
bisa kita kontak lebih lanjut ?

16 01 2012
mas bumi notosuwiryo

mas gareng@jenengan msh keturunan p kajoran dari eyg nayadiwangsa/kedung pane???, ada tambahan cerita2 sedikit: semasa hidupnya beliu jg seorang pujangga besar,beliau pengarang serat centini versi yg msh original/asli ini merupakan manifestasi protes beliau pd penguasa mataram yg meniadakan perdikan giri kedaton,ini krn beliau msh ada kedekatan nasab dgn sunan giri dari garis ibu, beliau jg pengarang kitab pustaka wangsa kerta yg sementara ini msh jd manuskrip/cattan tertua ttg sejarah wali2 dijawa (termasuk cerita2 ttg snn bayat leluhur beliau) ini krn adanya kedekatan nasab dgn sunan bayat dari garis ayah jg merupakan cara2 protes damai atas kecurigaan2 penguasa mataram kala itu pd dinasti ulama dibayat yg dikmudian hari akhirnya mencapai puncak dgn pembataian masal ribuan ula ma2 bayat dan para pengikutnya oleh amangkurat, hingga akhirnya berimbas dgn perjuangan beliau bersama2 menantunya rdn trunojoyo berlhasil meruntuhkan raja amangkurat

7 02 2012
Gareng Cilik

Mas Bumi, Betul, klo tidak salah urutan dari Mbah Agung Kajoran sampai kepada saya sebagai berikut : Mbah Agung Kajoran -> Mbah Derwak -> Mbah Nayawedana -> Mbah Kedung Pane -> Mbah Astraguna -> Mbah Gunawijaya -> Mbah Tirtaguna -> Mbah Pawikrama -> Mbah Jawikarta -> Bpk Karyana -> Rasiwan/rama/gareng

mohon di ralat bila ada kesalahan..

6 04 2012
aya nafisa

g dadi ngerti mtur nuwun

23 04 2012
teguh suprayogi

salam kenal…nggak sengaja kesasar ke blog ini,merasa sbg orang keturunan wong watulawang dan kr gayam(clapar apa kajoran ya,agak lupa),jd ingin silaturahim ke konco2 semua,saya hanya tahu bapakku (almarhum) anak dari mbah Wiryataruna dari watulawang,,mertua dari Ki Dalang Sukardi,dulu sering ke watulawang,terakhir sekitar 5 tahunan lalu,kalo yg dari kr gayam ibuku,tidak banyak cerita dari sini,kecuali dulu mbahku dari pihak ibu katanya pernah punya warung makan,jaman londho dulu di daerah kajoran apa clapar ya??? semoga di antara pembaca blog ini ada saudara2 jauh denganku….kontak di Facebook: Teguh Warung Aqiqah Jogja,email : warungaqiqah@yahoo.co.id

23 04 2012
Gareng Cilik

Terima kasih mas Teguh sudah mampir di Blog ini.
iya aku kenal dengan Mbah Wir, sekarang sudah Almarhum..
klo boleh tau nama Bapaknya siapa ya ?

sama istriku kebetulan masih saudara..

terima kasih

3 06 2012
mas bumi notosuwiryo

aslkm dms greng,mau share cerita ttg mbah agung kjrn lg nih,pemberitaan ttg kematian p kajoran/p rama,thn 1679 m,adalah berita bohong belaka,krn yg dikuburkan di klaten adalah jenasah tanpa kepala dgn alasan kepala p kajoran dibawa ke batavia/VOC,dgn dihembus2kan cerita P kajoran jd kepala dan tubuhnya hrs dipisah,sebenarnya P kajoran hijrah ke kebumen (kjrn krg gym) dan tetap mengobarkan perlawanan kpd mataram&VOC lwt basis2 di daerah purbalingga,banyumas,kebumen,jg sebagian msh ada laskar kajoran disekitar gunung kidul, keberadaan kelompok laskar wanakusuma/kajoran ini ternyata ada diberitakan di catatan sejarawan belanda dan diberitakan jg di beberapa kisah babad antara lain babad onye/banyumas,babad tegal dll

3 06 2012
mas bumi notosuwiryo

td ada yg mau cari info ttg p kajor??😛 senopati memiliki 4 org istri sah : 1.istri dari cirebon anak Panembahan ratu, 2:ratna dumilah dari madiun, 3.istri dari trah giring, 4.istri anak dari ki ageng wonontoro/kajoran (berputra p joyorogo/adipati ponorogo) nah kemungkinan P kajor ini adalah anak P senopati dari istri yg merupakan putrinya ki ageng wonontoro/kajoran !!!,jg ada nama kajoran lain,yaitu Rdn kentol kajoran nah yg ini anak P senopati dari selir anak adipati batang,cukup mdh2an dpt menambah infrmasi

4 06 2012
Gareng Cilik

terima kasih pencerahannya mas Bumi, semoga membantu mencerahkan misteri Mbah Kajoran

25 06 2012
Edi

Saya mau tanya ,saya jg mash keturunan panembahan kajoran,dr catatan silsilah, pertama p.kajoran,lalu keturunan dibwah nya ada kertanegara,kertadesa,kertayuda.
saya garis dr kertadesa.
kertadesa punya 4 anak yaitu mbah nuryamin,mbah kemulyan, mbah putri tukang wang bayawulung, mbah jadir.
mbah nuryamin punya putra brnama mbah martowirejo(carik desa gebangsari kec tambak banyumas).

Mbah kemulyan punya anak 2,yaitu mbah minah dan mbah penatus, mbah penatus punya anak ibu supinah .nah ibu supinah ini nikah dg mbah martowirejo(Pernikahan mash kerabat) punya 5 anak yaitu salahsatunya ratam ranamihaqja,dibwahnyambah abdul suwali(mbah saya)
saya mash bingung panembahan kajoran it siapa?dan silsilah ke atasnya lg.terimakash,mhon maaf jika ada kata yg kurang berkenan.

9 07 2012
mas bumi notosuwiryo

aslkm,mas gareng&poro sedulur putro wyh P kajoran,sy tambah share sedikit lagi,td ada yg menceritakan ttg nama2 kertinegara,kertidesa,kertiyudha??,beliau memang adlh jg anak2/menantu P kajoran/mbah agung kajoran,:kertinegara (derwak kajoran) dimakamkan di panjer,kertiyudha di kejobong purbalingga,kertilaksana (derwak kutawis) dikutawis purbalingga,astakerti di kedungbulus sempor,kertidesa nama yg satu ini sy pernah dengar tapi makamnya dimana sy kurang jelas, satu lagi ada satu menantu mbah agung yg bernama Pakuwaja?? apa ini indentik dgn Pangeran Riyo menggolo??? yg dlm sejarah disebut memenangi sayembara tdk mempan senjata api (meriam guntur geni)??? waulahualam bisawab????? salam paseduluran,trims buat yg sdh share di blog ini

9 07 2012
mas bumi notosuwiryo

ttg jatidiri mbah agung kajoran/mbah lugu/panembahan kajoran/P kajoran,99% indentik sama dgn Panembahan Rama/rdn kajoran ambalik, anak2 beliau kertanegara,kertayudha, wangsadita tercatat msh melakukan perjuangan (pd thn 1702 M) melawan laskar Pangeran puger(pakubuwono 1) yg dibantu prajurit belanda VOC,jd sisa laskar pejuang kajoran yg pernah membumihanguskan keraton mataram (amangkurat 2) msh tetap ada hingga dijaman perjuangan pangeran diponegoro melawan belanda (thn 1825_1830 M) ,(slhsatu cicit mbah agung kajoran (R singanaya/mbah penosogan katanya pernah menjadi bagian laskar pejuang pgrn diponegoro,hal ini mungkin akan meluruskan sejarah ttg cerita bahwa mbah agung kajoran sendiri hidup sejaman dgn pangeran diponegoro????? atau meluruskan cerita2 bahwa mbah agung kajoran msh keturunan Pakubuwanan adalah tdk tepat/salah???? dan dgn bukti catatan silsilah dari keturunan beliau ttg nama2: kertinegara,wangsadita,dll yg ternyata malah menjadi musuh dan laskar pejuang kajoran pd thn 1702 M berperang dgn laskar Pgrn puger/Pakubuwono 1 (kutipan dari catatan VOC/sjrwn hj de graff)

26 07 2012
Gareng Cilik

Terima kasih mas Bumi atas pencerahannya,
boleh minta nomor kontak sampeyan mas ?

24 09 2012
Sanjaya Putra

maaf, mohon informasi. kami sekeluarga sedang menelusur jejak leluhur sehingga mohon bantuan mas- mas semua. Baik mas Gareng Cilik atau Mas bumi kiranya sudi berbagi informasi perihal garis keturunan dari mbah wanawangsa, kami sekeluarga sempat beberapa kali ziarah di makam keluarga yang terletak di Bulus PP dan makam Mbah Agung Kajoran. Dulu kami selalu menginap di rumah kerabat yang ada di karanggayam ( Bpk. SUkardi (mantan lurah) – Bulik Lusi). Sewaktu kecil, saya juga pernah dengan cerita dalang clapar dan watu lawang, sayangnya kami sekeluarga tinggal di Ponorogo….Mkasih atas infornya

25 09 2012
Gareng Cilik

Terima Kasih pak Sanjaya sudah sudi mampir di gubuk kami,
saya masih menunggu dari mas Bumi, semoga segera mas Bumi berbagi dengan kita semua

25 09 2012
Sanjaya Putra

Ok, Makasih kembali mas Gareng, saya sangat senang akhirnya mendapat sedikit teman brbagi dan diskusi perihal leluhur….sedikit ralat, leluhur kami menurut cerita embah dan bapak adalah Eyang Wirayasa, dulu menetap di desa wonorejo (wanareja),

25 09 2012
Gareng Cilik

Mari sama2 kita gali sejarah yang terpendam mas

17 10 2012
zai

salam anak tumpang tanya tentang sejarah eyang wirayasa di kebumen jawa tengah..

24 10 2012
Edi

Terimakasi mas gareng,mas bumi dan para sedulur.karena blog ini sangat membantu saya untuk mengetahui & mengenal para leluhur.
mau tanya lg nih,karena saya mash pengen tahu tentang leluhur saya panembahan kajoran,yg garis kebawah kertadesa,kerta yuda,dll.

pertanyaan saya,jadi panembahan kajoran yg keturunan kebwah kerta desa,kertayuda dll, ini garis keturunan ke atas nya siapa saja ya,misal panembhan kajoran ini,anak dari siapa,dengan siapa,atau keturunan keatas kakek,buyut dll nya siapa, dan dr daerah mana para leluhur dr panembhan kajoran ini?

terimakasih banyak,maaf pertanyaan terlalu panjang.salam semua.

10 11 2012
Gareng Cilik

Buat mas Edi, saya sendiri belum mempunyai datanya tentang silsilah beliau, ini saya masih menunggu dari rekan rekan yang sedang membuat catatannya, semoga segera mendapatkan, Dan nanti saya share disini, terima kasih

11 11 2012
Edi

Iya terimakasih banyak mas gareng,ditunggu infonya…

17 01 2013
agusagmu

trmmakash sdh brbagi
psti brmnfaat.

30 01 2013
sabdopandito

assalamu’alaikum,salam paseduluran,dg membaca ulasan sdr2 diatas,sedikit ada titik terang mengenai p.kajoran,karena dulu sy msh kecil2,waktu simbah msh gesang,jd blm tau arti silsilah keluarga,dr buku2 mbah sy,ada silsilah:p.kajoran-mbah derwak-mbah penosogan-mbahditawangsa-mbah dipawangsa-mbah singawijaya-mbah dawinah,mungkin ada sedulur yg paham silsilah tsb,mohon pencerahannya,nuwun…(kulo trah pangeran kajoran wonten serang banten,email:eyangbondoyudo@yahoo.co.id)

24 04 2013
divahelena52

Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib KI MANDALA telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama KI MANDALA, 3D SGP akhirnya tembus menang 175 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih KI MANDALA jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergabung dengan KI MANDALA DI 082348985714

1 05 2013
sayyid gunawan alfaqir bin kasdan

aslkm ,salam paseduluran’ sebgai tambahan informasi ,hehehe sedikit2 aja dulu yah?? rdn donosari alias mbah agung kajoran adalah keturunan arab,bernasab kpd rasululloh saw krn semasa hidupnya beliau adlah seorang mursyid tarekat (kajoraniyah) sebuah cabang tarekat yg dikembangkan oleh sunan bayat dimana tarekat ini hanya boleh diajrkan kpd anak keturunannya saja(laki laki) dikarenakan dibutuhkan riyadoh riyadoh/latihan latihan yg sgt berat utk mendalaminya,mulai dari ajran awal berupa sasahidan/penyaksian/sadatan (panglebur dosa,sadat putih,sadat purwosejati,sadat fatimah/utk wanita,ada 12 jenis ajran sasahidan/sadatan) sampai kpd ajran ajran yg dipersiapkan utk
kembali pulang keharibaan sang khalik allah swt dgn mendapatkan akhir yg baik /khusnul khotimah seperti dzikir agung,bayu pitu,bayu rolas,cedak cedakan ,gedang emas dll, ayah beliau adalah cucu dari sayyid kalkum/panembahan agung ing kajoran klaten beliau ini adalah pendiri wangsa kajoran/garis trah kajoran yg hidup dimasa kerajaan demak

1 05 2013
sayyid gunawan alfaqir bin kasdan

byk versi yg menceritakan ttg garis nasab beliau ,diantaranya beliau msh cucu ki ageng giring III/rdn kertonadi,anak panembahan senopati dari selir, bisa dipastian berita diatas tdk tepat,/slh,apalagi diberitakan beliau keturunan pakubuwanan/pakubuwono/pgrn puger???atau bagian dari laskar pangeran diponegoro yg melarikan diri ??? urutan uriutan garis nasab yg sekarang beredar diketurunannya byk yg terputus,saya sedang menyusun catatan garis silsilah yg lbh baik slh satunya berdasar catatan yg baru sy terima dari daerah kutawis purbalingga ditulis pd tahun 1925M oleh kepala lurah disana keturunan derwak ketawis/sayyid akbar kertilaksana. minta doanya poro sederek semua ,agar silsilah yg beredar tdk simpang siur byk yg hilang/terputus keatas/kebawahnya .trims

9 05 2013
Ridho Arianto pamungkas

gareng ?

9 05 2013
Ridho Arianto pamungkas

assalammualaikum
gareng ? saya mempunyai silsilah kluarga smpe skrng ada catatannya
DARI EYANG KEDUNG PANE

nggih om, untuk informasi, posisi dimana ya ?
atau nomer yang bisa dihubungi

kontak saya di nomor 081284119988

13 05 2013
masbumi

aslkm,mdh2an semua pemerhati sejarah mbah agung kajoran slalu diberi kebaikan oleh allah swt,berita silsilah mulai dari mbah agung keatas msh simpang siur apalagi didunia maya/internet manuskrip versi babad jg byk ikatan yg terputus,terbalik,yg hilang,d tambahi?,dlm catatan dikeraton mataram sgt jls diberitakan trah kajoran adlh trah tersendiri ada sejak jaman kerajaan demak/pajang,bkn bagian dr trah mataram,giring,bayat,”apalagi pakubuwanan”!!!

19 05 2013
DODIK

Assalamu alaikum, salam sedulur sedanten. saya juga lgi bingung mencari silsilah panembahan kajoran. Karena kata mbah saya, kakek buyut saya masih ada nasab dari panembahan kajoran. saya sendiri orang mojokerto, dulu critanya kakek nenek buyut saya dari kebumen pindah ke mojokerto, jawa timur. Kakek buyut saya lahir sekitar tahun 1896, dan bernama ki marto sudiro.

20 06 2013
cahyo

Assalamu alaikum Wr Wb, para sedulur mohon maaf sebelumnya saya kurang bisa bahasa jawa, saya juga punya silsilah dari Panembahan Agung yg dimakamkan di Kajoran Klaten silsilahnya sbb :
1.Panembahan Agung 2. Pangeran Mas 3. Pangeran Maos 4. Pangeran Hadikusumo 5. Pangeran Notoduwiryo dan seterusnya sampai jatuh kesaya sendiri diurutan keturunan nomer 17 saya tinggalnya di Serang Banten, sekian dulu, terima kasih.
Salam,

R. Cahyo Mukiatno

26 06 2013
tito ito winarto

Maaf ikut mampir di blog ini & mohon informasi tentang eyang canggah saya Mbah Surenggada yg makamnya di astana gede krajan peniron pejagoan kebumen yg pd juni thn 1995 makamnya dipugar menjadi Demang Ronodiwiryo…menurut catatan alm bpk soeparjo carik peniron, Ki Surenggada peputro Ki Wiryamamad, Ki Wiryamamad peputro : Nyi Mad idris, Ki Sentana, Ki Sanmukmin, Nyi Sendur alimustari, Ki Wangsaredja & Nyi Siadmialibesari…urutan saya dari Ki Sentana peputro mbah Alimukmin peputro alm pakde amir yusup kaum krajan peniron & Wasis yusup bpk saya tito ito winarto.

17 08 2013
chie

maaf boleh tanya karena saya membaca nama DANAWANGSA diatas karena menurut cerita dari alm ibu saya, ibu pernah menyebut nama Danawangsa adalah eyang buyut ibu saya, jadi saya merupakan cangga kalo urutan keturunan jawa, bahkan saya sempat bertemu dengan salah satu tetua keraton ( temenggung keraton jogja) saya lupa namanya dia sedikit cerita juga tentang Danawangsa tapi karena saya ga begitu paham bahasa dia jadi tambah rumit🙂 kalo boleh minta tolong bisa coba di ulas juga Danawangsa itu sendiri?? karena sayapun ingin mengetahui seluk beluk leluhur, FYI saya berasal dari Brebes. terima kasih sebelumnya.

20 08 2013
sigit

Ada yang tahu alur pangeran Krasantika…..??? saya pingin tahu. Mohon kirim ke email saya sigitnurrokhman@ymail.com

3 12 2013
Teguh Sudarsana

Asslm.
Nuwun sewu para sedherek sedaya, dalem saking klaten, sak celakipun kajoran klaten, ibu nate ngendikan bab eyang riyo menggolo, saha sejarah kajoran, klaten, panembahan rama ingkang sumare wonten ing bumi perdikan kajoran (perdikan mboten tunduk mataram amargi langkung inggil awu/nasab ipun), mbok bilih wonten para sedherek ingkang kagungan silsilah, kisah, sejarang ingkang magepokan kaliyan eyang riyo menggolo, kawula nyuwun dipun email dateng tsudarsana@yahoo.com (ibu nate ngendika bilih eyang riyo menggolo punika saking madura, mboten saged basa jawi ingkang alus, dados dipun paringi asma panembahan bima)
Maturnuwun

Salam saking kawula

8 12 2013
edy s

mohon maaf sebelumnya, saya punya silsilah dalam catatan kelurga sebagai berikut : ROGO ITO – SUNAN KAJORAN ( Mbah Ijo ) – POTRO GATI – SETRO GATI – IRO GATI – ( GABUL,JUBRIS, BUSENG, JAIS ) dari JUBRIS – ( MANSARI, IRO KERSO ( KADIM ), GOWAH ) dari IRO KERSO ( Dimah, Leder, Dete, Sabar Iman(Klubuk), Nur Iman (Krondo), Kromo, Reso ) dari SABAR IMAN – Mbah RASYID – KH. ABDUL QOHAR- dstnya sampai ke saya, mohon kalau ada info bisa di kasih pencerahan atas silsilah ini tks

15 01 2014
nasin

Wah, kalau ditelisik, ternyata sanajan tinggal di pereng gunung Watulawang, Kajoran, Clapar, Logandu, ternyata semuanya keturunan dari manusia yg tidak baen-baen, berujung dari moyang Raja Mataram, Panembahan Senopati. Karena masih trah ratu, ada kemungkinan biar di pedesaan kelak akan muncul calon2 pemimpin masa depan, teruslah belajar, bekali diri dengan ajaran agama dan laku yg kuat, dengan ilmu kehidupan yg mumpuni, mungkin Anda akan menjadi calon pemimpin di masa depan!

24 02 2014
Cuntoro

Assalamualaikum paman gareng..
Menarik sekali membaca silsilah watulawang yang sya sendiri katanya masih keturunan watulawang. Menurut cerita nenek saya, kakek saya meninggal terbawa arus segara ketika memancing di laut. Nama beliau klo tidak salah Dapan kakak dari dapin.
Mohon penjelasan terima kasih

19 03 2014
Fajar

Assalamualaikum……. Salam kenal semuanya
Saya sedang menelusuri silsilah keluarga ibu saya, yang saya tau kami keturunan Eyang kajoran dengan silsilah sbb:
Eyang Kajoran
Nyai Trunojoyo
keturunan ke-2? ………………..
Keturunan Ke 3? ……………….
Keturunan ke 4? ……………….
Rejamenawi
Mohon bila ada info mengenai kelengkapan silsilah tersebut

Wassalammualaikum,
Fajar

24 03 2014
Gareng Cilik

Wa’alaikum salam mas
untuk menelusuri mohon info lebih lagi, dan daerah asal
Rajemawi niku teng pundi nggih ?

19 04 2014
wahyudi

Assalamualaikum,Mohon maaf sebelumnya kisanak, Ibu saya dawamah punya bapak namanya Eyang wana wijaya,keturunan Kajoran yang di karang anyar Kebumen, Paman dan pakde saya pasti ke Kajoran kalau Ziarah,
saya kurang tau karena saya dan ibu saya ada di Palembang, ibu saya sdh meninggal, Saya pernah di kasih silsilah kakek saya tapi sdh hilang, saya pingin sekali ziarah kesana tapi harus bawa silisilah dulu, Orang tua saya semua asli Kebumen krakal, dan pernah cerita tentang keturunan Eyang Wana yang sakti itu . Mohon maaf kalau salah sambung

9 05 2014
sayyid alfaqir

ada dua versi catatan nasab panembahan kajoran(raden Donosari)..versi pertama.beliau putra ki ageng wanakusuma II berarti terkait dg silsilah ki ageng giring II menantu sunan bayat dan bersambung hingga brawijaya V,versi kedua beliau putra pangeran raden bin Raden suroso Bin pangeran agung bin panembahan agung ing kajoran (sayyid kalkum)/makamnya di klaten yg menikahi janda ki ageng biting putri dari sunan bayat,sekaligus jg menantu dari sunan batara katong ponorogo,silsilah ini ada makam sunan bayat

6 09 2014
Suryahadiwijaya

Assalamualaikum.wr.wb.
salam kenal mas gareng,
Mohon infonya, saya sangat ingin mengetahui garis keturunan dari Mbah Agung kajoran. barangkali para sedulur ada yang tau, simbah kakung saya Eyang Arsawijaya anaknya Eyang Arsamenggala/ simbah putri saya Eyang Mujirah anaknya Eyang Martawijaya. dari Eyang Arsamenggala/ Eyang Martawijaya ke atas, saya kurang begitu jelas informasinya.
soalnya saya liat di atas ada nama Mbah Derwak, mbah Kedung Pane. mudah2an ada tamban informasi. terimakasih

13 12 2014
nyai ageng kajoran

Ini Silsilah Asli Pangeran Kajoran / Panembahan Rama berdasarkan Ranji Silsilah Kuno th 1677.

Setelah meneliti lebih dari lima bulan dan mencocokkan dgn berbagai lontar / catatan kuno Pangeran Kajoran, saya mendapatkan perbedaan begitu mencolok Antara Catatan Mataram dn Catatan Asli Keluarga Kajoran.

Dlm serat Tjandrakanta karya Raden Ngabehi Tjandrapradanta 1926 tertulis bahwa Silsilah Pangeran Kajoran adalah dari garis Pangeran Tumenggung Sinduseno putra Pajang.

Namun dlm lontar kuno, naskah kuno dan ranji silsilah kuno th 1677 milik klrg kajoran justru Pangeran Kajoran adalah trah laki laki kajoran dari ampel denta surabaya, melalu garis Pangeran Agus Kajoran / Raden Suroso.

Jelas disini ada pengaburan sejarah demi kepentingan org org tertentu pada masa lalu dan ada nya campur tangan Belanda yg sangat membenci trah ini krn memberontak berkali kali.

Maka hari ini saya sengaja meluruskan sejarah yg salah itu berpegang pada dokument2 asli dan manuskrip manuskrip kuno serta ranji silsilah kuno th 1677 milik Keluarga Pangeran Kajoran. Semoga bermanfaat utk semua.

SILSILAH ASLI PANGERAN KAJORAN / PANEMBAHAN RAMA KAJORAN.
(Pancer Laki Laki Keluarga Kajoran )

→ Nabi Muhammad SAW .
→ Sayyidah Fathimah Az-Zahra .
→ Al-Imam Sayyidina Hussain
→ Sayyidina ‘Ali Zainal ‘Abidin
→ Sayyidina Muhammad Al Baqir
→ Sayyidina Ja’far As-Sodiq .
→ Sayyid Al-Imam Ali Uradhi .
→ Sayyid Muhammad An-Naqib .
→ Sayyid ‘Isa Naqib Ar-Rumi
→ Ahmad al-Muhajir .
→ Sayyid Al-Imam ‘Ubaidillah .
→ Sayyid Alawi Awwal .
→ Sayyid Muhammad Sohibus Saumi’ah .
→ Sayyid Alawi Ats-Tsani .
→ Sayyid Ali Kholi’ Qosim .
→ Muhammad Sohib Mirbath .
→ Sayyid Alawi Ammil Faqih .
→ Al Imam Abdul Malik Azmatkhan
→ Sayyid Abdullah Azmatkhan .
→ Sayyid Ahmad Shah Jalal .
→ Sayyid Syaikh Jumadil Qubro al-Husaini or Syekh Jamaluddin Akbar al-Husaini .
→ Syeikh Maulana Malik Ibrahim Asmara Qandi
→ Sayyid Ampel Denta Surabaya
→ Sayyid Kalkum Wotgaleh / Pangeran Tumapel / Pangeran Lamongan
→ Pangeran Maulana Mas Ing Kajoran / Panembahan Agung Kajoran
→ Pangeran Agus / Raden Suroso + Putri Ki Ageng Pemanahan
→ Pangeran Raden Ing Kajoran + RA Wongsocipto putri Panembahan Senopati

→Pangeran Kajoran / Panembahan Rama Kajoran

Berputra putri :
1. Raden Ayu Suronadi menikah dengan Pangeran Harya Wiramenggala

2. Raden Ayu Turnajaya menikah dengan Pangeran Turnajaya

3. Raden Wirakusumo ( memimpin pemberontakan setelah ayahnya )

4. Raden Penganteen alias Beere

5. Raden Kartanagara gugur bersama p kajoran th 1679

6. Raden Wangsadika gugur bersama p kajoran 1679.

7. Pangeran Kartanadi

8. Pangeran Kartapada

9. Pangeran Somajaya

10. Raden Ayu Suralaya

11. Panembahan Joko Sumyang

12. Raden Sastrojoyo / Adipati Cokrojoyo I

13. RA Tumengung Mataram istri Purbaya II

14. Dan beberapa wanita lagi.

#sedang saudara saudara kandung Pangeran Kajoran / Panembahan Rama Kajoran antara lain :

. Panembahan Raden menikah dengan Raden Ayu Panembahan Raden bin Pangeran Mas Adipati Wijoyo Ing Pajang

. Raden Ayu Panembahan Purbaya menikah dengan Panembahan Purbaya II

. Pangeran Arya Panular / Pangeran Arya Anom ( silsilah sdh saya unggah )

. Raden Bapang

. Pangeran Secaki

Ranji Silsilah Pangeran Kajoran, disimpan klrg kami.

19 12 2014
Gareng Cilik

matur suwun kanjeng Nyai, mugi saged nambahi pepaking bumbu sejarah
merupakan info baru bagi kami, bila berkenan kami sangat mengharapkan cerita sejarah punya sampean dituangkan

terima kasih

10 04 2015
Ragile

uh mantep bgt gye blog,aku saking desa karangtengah dukuh karangjengkol pribadi ndukung blog gye soale aku juga pengin ngerti wawasan tentang silsilah Mbah Agung Kajoran

10 04 2015
Ragile

Halo dulurku kabeh,asliku desa Karangtengah Dukueh karangjengkol,aku pribadi ndukung blog gye,soale aku juga pengin ngerti sapa sebenere Mbah Agung Kajoran/Kyai Ageng donosari ,silsilah sing tekane aku Jare Ramaku
1. Mbah Agung
2. mbah Nderwak
3.mbah Suradipa
4…..[lanang tpi ra reti jenenge]
5.mbah Kedungpane
6.Eyang Pethokal
7. Mbah Buyut Paredja/Eyang Kaligondang
8.kaki Danawikrama
9. rama Karyareja
10.Aku

12 04 2015
Ragile

Aslm.wrwb Mas Gareng ,puntene Watulawange sebelah pundi nggeh ?

Wa’alaikum salam

Kilen sd watulawang mas
Bojo kula nggih mbah e teng karang jengkol, mbah murtinah/ nini sandi krambil sawit.

15 04 2015
Gareng Cilik

Sakniki kula nggih seg teng kampung mas, mangga pinarak

15 04 2015
Ragile

Oalah putune Nini sandi nggeh….he.e puntene kulo mboten saged basa Mas Gareng gadho” mawon nggeh, nggeh tesih caket kalih kulo…kulo nggeh inggile ,kulo Karangduwur…
kulo tau dicritani kalih Mbah kulo menawi Mbah Agung Danasari niku napa leres penasehat saking kerajaan?menawi leres kulo kepengin ngertos niku saking Kerajaan pundi nggeh ?

21 04 2015
R. Cahyo M

Para saudaraku semua … saya mau tanya nama istri dari Panembahan Agung/Pangeran Maulana Mas siapa ya…karena saya mempunyai silsilah sampai di Panenbahan Agung Kajoran, sekarang saya lagi mencari nama istri Panembahan Agung Kajoran, terima kasih.

27 04 2015
Gareng Cilik

Mas Ragil, menawi mboten klentu saking Pakualaman, Solo

8 05 2015
AGUS BUDIYANTO

poro sedulur, punika kawulo serataken catetan sejarah saking keluarga, mugi manfa’at

Prabu Brawijaya Bramakumara
Prabu Brawijaya Adiwijaya
Prabu Kertawijaya
Ki Panuwun
Ki Petung Mlarat
Resi Getayu
Prabu Dewa Kesuma
Raden Pandji Smarabangun
Raden Pandji Rawisrengga
Raden Kuda Lalean
Prabu Anggawijaya
Prabu Bondan Kejawan
Prabu Getas Pandawa
Ki Ageng Sela
Ki Ageng Nis
Ki Ageng Pemanahan
Panembahan Senopati
Pangeran Purbaya
Panembahan Purbaya
Ki Ageng Wanantara
>> Mbah Agung Kajoran (Panembahan Danatirta)
1. Mbah Naya Widana (Mbah Drewak)
2. Mbah Naya Dwi Wangsa (Mbah Kedung Pane)
3. Mbah Santanaya
4. Mbah Kertiyasa
5. Mbah Wirayasa (di makam Bulus Pepe)
6. Mbah Darma Sentika (di makam Bulus Pepe)
7. Mbah Wiryadimeja (di makam Pohkumbang)
8. ORTU
9. SAYA

sekian, terima kasih

20 06 2015
ayahnya farrel

Mbah lugu/Mbah Agung kajoran/Panembahan kajoran/Pangeran kajoran berputra a.l…Derwak kajoran,derwak kutawis,Derwak kedung waru…..sy hanya memiliki catatan putra mbah agung kajoran dari garis eyang derwak kajoran dan derwak kutawis/eyang kertilaksana,….eyang kedungpane adlh putra derwak kajoran atau cucu dari mbah agung kajoran,..nama kecil beliau mbah agung kajoran adlh Raden Donosari….sy sdg melacak nama ini ditepas darah dalem {buku nasab/silsilah} yg dimiliki keraton yogyakarta

28 08 2015
bambang

maaf saudaraku semua,saya ikut nimbrung,barangkali ada yang mengetahui,saya sedang bingung mengenai mbah lugu,karena waktu saya masih kecil dulu kalau sodara mau ada perlu/slametan suka nyekar ke mbah lugu juga ke mbah udabesari yg di sodagaran kajoran,mungkinkah ada hubungan atau persaudaraan antara mbah lugu,mbah udabesari ,mbah suryalawung/suralawung (kurang jelas).mbah RT joyopawiro (mekas karanggayam) sama mbah satu lg saya lupa, yang katanya makamnya antara karangcingkrang – kajoran.monggo poro sederek mbok bilih wonten ingkang mangertos kulo nyuwun infonipun. matur nuwun sanget sakderengipun

29 08 2015
joko winantoro

Kalau bah cablaca di desa bumi agung rowokele itu katanya menantunnya bah kajoran apa benar

27 09 2015
edy

kalau melihat silsilah
Panembahan kajoran dr Ranji Silsilah Kuno th 1677. info dr nyi ageng kajoran.
brarti kita yg keturunan panembhn kajoran , mash jg keturunan rasulullah, lalu kbwh lg jg ampel denta yg tdk lain sunan ampel, dan jg mash keturunan panembahan senopati,dr RA wangsocipto.

19 11 2015
Tito

Adakah di blog ini putra Wayah Ki Surenggada di astana gede Krajan Peniron?

19 11 2015
M iswahyudi

Apakah mbah agung kajoran merupakan saudara dari keraton jogja?

19 11 2015
M iswahyudi k

Apakah yang di maksud beliau Mbah Agung Kajoran yang memiliki saudara dari keraton Joga?

19 12 2015
sena

Ass,wr,wb
Mas gareng…mbok njenengan ngertos silsilah lurah karangkemiri alm mbah gunawijaya…kl tiyang asli karangkemiri…mtr suwun..

17 03 2016
Rossi Toro

Salam KAJORAN……Kebumen sekarang. Manca kulon di era MATARAM. By Toro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: