Agro Bisnis

* Buah Jenitri

Buah Jenitri atau Ganitri atau Rudraksa ( India ) yang dalam bahasa latinnya di sebut Elaeocarpus ganitrus banyak ditanam di Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Timor. Indonesia memasok 70% kebutuhan ganitri yang diekspor dalam bentuk butiran biji. Sebanyak 20% pasokan lainnya dari Nepal. Sedangkan India, negara paling banyak menggunakan rudaksa hanya memproduksi 5%.

Di Indonesia, biji titisan Dewa Siwa itu populer dengan nama ganitri, genitri, atau jenitri. ‘Indonesia paling banyak produksinya di dunia,’ kata Yana Sumarna, peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor.

Mata Siwa

Dalam bahasa India, rudraksa berasal dari kata rudra berarti Dewa Siwa dan aksa berarti mata. Sehingga arti keseluruhan: mata Siwa. Sesuai namanya, orang Hindu meyakini rudraksa sebagai air mata Dewa yang menitik ke bumi. Tetesan air mata itu tumbuh menjadi pohon rudraksa.

Manfaat ganitri bukan sekadar alat ‘hitung’ dalam berdoa laiknya tasbih bagi kaum Muslim atau rosario bagi umat Nasrani. Biji ganitri juga berfungsi menghilangkan stres. Itu dibuktikan oleh Dr Suhas Roy dari Benaras Hindu University. Penelitiannya mengungkap utrasum bead-sebutan ganitri di Amerika-biji ganitri mengirimkan sinyal secara beraturan ke jantung ketika digunakan sebagai kalung. Ia mengatur aktivitas otak yang mengarah pada kesehatan tubuh.

Efek itu diperoleh lantaran biji sima-sebutan ganitri di Sulawesi Selatan-memiliki sifat kimia dan fisik berupa induksi listrik, kapasitansi listrik, pergerakan listrik, dan elektromagnetik. Karena itu biji ganitri mempengaruhi sistem otak pusat saat menyebarkan rangsangan bioelektrokimia. Hasilnya, otak merasa tenang dan menghasilkan pikiran positif.

Sebetulnya, komposisi kimia ganitri tak beda jauh dengan buah lainnya. Antara lain 50,024% karbon, 17,798% hidrogen, 0,9461% nitrogen, dan 30,4531% oksigen. Beberapa elemen mikro dalam biji tanaman anggota famili Elaeocarpaceae itu adalah aluminum, kalsium, klorin, tembaga, kobalt, nikel, besi, magnesium, mangan, dan fosfor.

Panasea

Pembeda ganitri dan buah lain terungkap melalui riset Institut Teknologi India. Ganitri memiliki nilai spesifik gravitasi sebesar 1,2 dengan pH 4,48. Saat digunakan untuk berdoa, misalnya, ganitri memiliki daya elektromagnetik sebesar 10.000 gauss pada keseimbangan Faraday, hasil konduksi elektron alkalin. Gara-gara itulah ganitri dipercaya mengontrol tekanan darah, stres, serta berbagai penyakit mental.

Ganitri juga dipercaya menyembuhkan epilepsi, asma, hipertensi, radang sendi, dan penyakit hati. Ia berguna saat dikalungkan di leher ataupun diminum air rebusan. Caranya? Biji ganitri direndam semalam lalu diminum saat perut kosong. Itu terbukti efektif meredam hipertensi dan menghasilkan perasaan tenang dan damai. Dalam 7 hari, tekanan darah turun bila dibarengi dengan mengalungkan ganitri di leher. Khasiat lain, ganitri berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bakteri, kanker, dan pembengkakan.

Begitulah riset sahih Singh RK dari Departemen Farmakologi, Banaras Hindu University, India. Ia menggunakan berbagai larutan seperti petroleum eter, benzena, kloroform, asetone, dan etanol untuk melarutkan 200 mg/kg buah ganitri kering. Larutan ganitri hasil perendaman selama 30-45 menit itu menunjukkan sifat antipembengkakan radang akut dan nonakut pada tikus yang dilukai. Di luar itu, ganitri menghilangkan sakit kepala alias antidepresan dan antiborok pada tikus terinjeksi.

Uji praklinis yang melibatkan babi sebagai satwa percobaan, membuktikan ganitri mencegah kerusakan paru-paru. Sebelumnya, babi diinduksi pemicu luka, histamin, dan asetilkoline aerosol. Meski diberi zat perusak paru-paru, organ pernapasan babi-babi itu tetap baik.

Duduk perkaranya karena glikosida, steroid, alkaloid, dan flavonoid yang terkandung dalam ganitri melindungi paru-paru. Keempat zat organik itu juga bersifat antibakteri. Terhitung 28 jenis bakteri gram positif dan negatif enyah oleh ekstrak ganitri antara lain Salmonella typhimurium, Morganella morganii, Plesiomonas shigelloides, Shigella flexnerii, dan Shigela sonneii.

Menurut A B. Ray dari Department of Medicinal Chemistry, Banaras Hindu University, India, alkaloid yang terkandung dalam ganitri: pseudoepi-isoelaeocarpilin, rudrakine, elaeocarpine, isoelaeocarpine, dan elaeocarpiline. Senyawa itu berkhasiat meluruhkan lemak badan. Caranya, 25 gram buah Elaeocarpus ganitrus kering, dicuci dan direbus dalam 1 gelas air sampai air rebusan tersisa separuh. Setelah air rebusan dingin, saring, lalu minum sekaligus.

Pengisap polutan

Cuma itu faedah genitri? Ada lagi peran lain yang dimainkan oleh genitri sebagaimana hasil riset Dwiarum Setyoningtyas dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung: ganitri sebagai penyerap polutan. Ia membandingkan konsentrasi gas sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida dalam kotak kaca berisi tumbuhan ganatri dengan kotak tanpa tumbuhan.

Ke dalam kedua kotak kaca diembuskan emisi gas buang dari hasil pembakaran tiga jenis bahan bakar yang memiliki kandungan biodiesel yang berbeda. Yaitu 10% biodiesel (B-10), 5% biodiesel (B-5), dan 0% biodiesel (B-0) sebagai pembanding. Hasilnya, tingkat pencemaran dari ketiga jenis emisi bahan bakar dalam kotak kaca berisi ganitri tercatat lebih rendah (sulfur oksida 0,81 ? 0,38 ppm, nitrogen oksida 0,49 ? 0,01 ppm, dan karbon monoksida 1,36 ? 0,71 ppm).

Bandingkan dengan kotak kaca tanpa ganitri yang pencemarannya lebih tinggi. Untuk ke-3 zat kimia itu masing-masing 5,15 ? 1,77 ppm, 0,75 ? 0,15 ppm, dan 2,34 ? 1,36 ppm. Kesimpulannya genitri berperan menurunkan tingkat pencemaran. Itu sebabnya, ‘Ganitri digunakan sebagai pohon pelindung di sepanjang jalan Bandung-Lembang,’ kata Eka Budianta, budayawan. (Vina Fitriani/Peliput: Andretha Helmina).

Belum dikebunkan
Untuk apa biji ganitri itu? Pemeluk agama Hindu menggunakan biji ganitri sebagai sarana peribadatan. Biji-biji itu diuntai membentuk rangkaian seperti tasbih bagi penganut Islam atau rosario bagi kaum Nasrani. Itulah sebabnya pasar terbesar biji ganitri ke India dan Nepal. Negara di Asia Selatan itu penganut Hindu terbesar.

Di Indonesia ganitri lebih dikenal sebagai pohon pelindung. ‘Tak banyak orang Indonesia yang mengebunkannya,’ tutur Soma Temple, pengusaha ganitri di Bali. Itulah sebabnya Soma kadang-kadang kesulitan mencari bahan baku dan harus mengimpor dari India dan Nepal. Di bawah label Aum Rudraksha, ia rutin memasarkan minimal 100 mala alias tasbih ganitri ke Australia, Jepang, dan Italia. Harga termurah berkisar Rp50.000-Rp80.000. Jika menginginkan desain khusus, harganya lebih mahal.

Di Kebumen, Buah Jenitri banyak di temui di daerah pedesaan, seperti di kec. Klirong, Pejagoan, Sruweng, Karang Gayam dan Alian. Di Kec. Pejagoan, kususnya daerah utara, banyak di temui Pohon Jenitri, seperti di Desa Watulawang, Peniron, Pengaringan dan Kebagoran.

Kalau anda memasuki Desa Watulawang, hampir di segala penjuru desa bisa di temukan pohon jenitri, karena memang sudah di budidayakan oleh masyarakat, bahkan sampai ke lahan perhutani pun, banyak di tanami pohon jenitri oleh warga.

Jenitri yang tumbuh subur di watulawang ini sudah dikenal masyarakat sejak lama, tetapi mulai di budidayakan sejak tahun 1995 – an, karena harganya mulai tinggi. Sampai saat ini pun, harga terus naik. Buah jenitri di watulawang umumnya di jual kering kepada para tengkulak, tetapi ada juga yang di jual / di tebas masih di pohon. harga buah Jenitri bervariasi, sesuai ukuran dan bentuk. Jenitri yang berbentuk biasa/ normal di golongkan berdasarkan nomor, dari nomor 1 s/d 11, selebihnya di timbang / kiloan semakin kecil, harganya semakin mahal. Adapun yang bentuknya tidak seperti umumnya, misalnya ada yang bodong ( panjang ), dempet, garis 20, garis 21 dll jenitri unik ini harganya bisa sampai 3 jutaan, bahkan sampai puluhan juta per biji.

Tembakau

Tembakau adalah komoditi yang banyak ditanam oleh banyak petani di Desa Watulawang dan sekitarnyadi lahan persawahan yaitu pada musim kemarau. Pasca panen padi, biasanya petani mengolah tanahnya kembali untuk lahan penanaman tembakau atau palawija lainnya seperti brambang ( bawang merah ), cabe, dan tanaman sayuran.

Tembakau tumbuh baik pada suhu udara antara 21-32 derajat C, pH antara 5-6. Tanah gembur, remah, mudah mengikat air, memiliki tata air dan udara yang baik sehingga dapat meningkatkan drainase, ketinggian antara 200-3.000 m dpl, dan sangat cocok di daerah watulawang pada musim kemarau.

Sebellum di tanam di lahan, bibit tembakau terllebihdahulu di semaikan di media semai, dan bibit siap tanam setelah umur antara 35 – 35 hari.

PENGOLAHAN MEDIA TANAM
– Lahan di cangkul atau di bajak

– Buat bedengan lebar 90 cm. Jarak antar bedeng 90-100

– Lakukan pengapuran jika tanah masam

PEMBUATAN LUBANG TANAM
Apabila diinginkan daun yang tipis dan halus maka jarak tanam harus rapat, sekitar 90 x 70 cm. Tembakau Madura ditanam dengan jarak 60 x 50 cm yang penanamannya dilakukan dalam dua baris tanaman setiap gulud. Jenis tembakau rakyat/rajangan umumnya ditanam dengan jarak tanam 90 x 90 cm dan penanamannya dilakukan satu baris tanaman setiap gulud, dan jarak antar gulud 90 cm atau 120 x 50 cm.

CARA PENANAMAN
Basahi dan sobek polibag lalu benamkan bibit sedalam leher akar
Waktu tanam pada pagi hari atau sore hari.

PENYULAMAN
Penyulaman dilakukan 1- 3 minggu setelah tanam, bibit kurang baik dicabut dan diganti dengan bibit baru yang berumur sama.

PENYIANGAN
Penyiangan dapat dilakukan bersamaan dengan pembumbunan yaitu setiap 3 minggu sekali.

PEMUPUKAN
Dosis tergantung jenis tanah dan varietas

Waktu Pemupukan

Dosis Pupuk Makro (kg/ha)

Urea/ZA

SP – 36

KCl

Saat Tanam

300

Umur 7 HST

300

150

Umur 28 HST

300

150

TOTAL

600

300

300


Ket : HST = hari setelah tanam

PENGAIRAN DAN PENYIRAMAN
Pengairan diberikan 7 HST = 1-2 lt air/tanaman, umur 7-25 HST = 3-4 lt/tanaman, umur 25-30 HST = 4 lt/tanaman. Pada umur 45 HST = 5 lt/tanaman setiap 3 hari. Pada umur 65 HST penyiraman dihentikan, kecuali bila cuaca sangat kering.

PEMANGKASAN
Pangkas tunas ketiak daun dan bunga setiap 3 hari sekali
Pangkas pucuk tanaman saat bunga mekar dengan 3-4 lembar daun di bawah bunga
PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

HAMA
a. Ulat Grayak ( Spodoptera litura ) Gejala : berupa lubang-lubang tidak beraturan dan berwarna putih pada luka bekas gigitan. Pengendalian: Pangkas dan bakar sarang telur dan ulat, penggenangan sesaat pada pagi/sore hari , semprot Natural VITURA

b. Ulat Tanah ( Agrotis ypsilon ) Gejala : daun terserang berlubang-lubang terutama daun muda sehingga tangkai daun rebah. Pengendalian: pangkas daun sarang telur/ulat, penggenangan sesaat, semprot PESTONA.

c. Ulat penggerek pucuk ( Heliothis sp. ) Gejala: daun pucuk tanaman terserang berlubang-lubang dan habis. Pengendalian: kumpulkan dan musnah telur / ulat, sanitasi kebun, semprot PESTONA.

d. Nematoda ( Meloydogyne sp. ) Gejala : bagian akar tanaman tampak bisul-bisul bulat, tanaman kerdil, layu, daun berguguran dan akhirnya mati. Pengendalian: sanitasi kebun, pemberian GLIO diawal tanam, PESTONA

e. Kutu – kutuan ( Aphis Sp, Thrips sp, Bemisia sp.) pembawa penyakit yang disebabkan virus. Pengendalian: predator Koksinelid, Natural BVR.

f. Hama lainnya Gangsir (Gryllus mitratus ), jangkrik (Brachytrypes portentosus), orong-orong (Gryllotalpa africana), semut geni (Solenopsis geminata), belalang banci (Engytarus tenuis).

Penyakit

a. Hangus batang ( damping off ) Penyebab : jamur Rhizoctonia solani. Gejala: batang tanaman yang terinfeksi akan mengering dan berwarna coklat sampai hitam seperti terbakar. Pengendalian : cabut tanaman yang terserang dan bakar, pencegahan awal dengan Natural GLIO.

b. Lanas Penyebab : Phytophora parasitica var. nicotinae. Gejala: timbul bercak-bercak pada daun berwarna kelabu yang akan meluas, pada batang, terserang akan lemas dan menggantung lalu layu dan mati. Pengendalian: cabut tanaman yang terserang dan bakar, semprotkan Natural GLIO.

c. Patik daun Penyebab : jamur Cercospora nicotianae. Gejala: di atas daun terdapat bercak bulat putih hingga coklat, bagian daun yang terserang menjadi rapuh dan mudah robek. Pengendalian: desinfeksi bibit, renggangkan jarak tanam, olah tanah intensif, gunakan air bersih, bongkar dan bakar tanaman terserang, semprot Natural GLIO.

d. Bercak coklat Penyebab : jamur Alternaria longipes. Gejala: timbul bercak-bercak coklat, selain tanaman dewasa penyakit ini juga menyerang tanaman di persemaian. Jamur juga menyerang batang dan biji. Pengendalian: mencabut dan membakar tanaman yang terserang.

e. Busuk daun Penyebab : bakteri Sclerotium rolfsii. Gejala: mirip dengan lanas namun daun membusuk, akarnya bila diteliti diselubungi oleh massa cendawan. Pengendalian: cabut dan bakar tanaman terserang, semprot Natural GLIO.

f. Penyakit Virus Penyebab: virus mozaik (Tobacco Virus Mozaic, (TVM), Kerupuk (Krul), Pseudomozaik, Marmer, Mozaik ketimu (Cucumber Mozaic Virus). Gejala: pertumbuhan tanaman menjadi lambat. Pengendalian: menjaga sanitasi kebun, tanaman yang terinfeksi di cabut dan dibakar.

Catatan : Jika pengendalian hama dan penyakit dengan pestisida alami belum mengatasi, dapat digunakan pestisida kimia sesuai anjuran. Agar penyemprotan pestisida kimia lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan Perekat Perata AERO 810, dosis + 5 ml ( ½ tutup) pertangki

PANEN DAN PASCA PENEN
Pemetikan daun tembakau yang baik adalah jika daun-daunnya telah cukup umur dan telah berwarna hijau kekuning-kuningan.Untuk golongan tembakau cerutu maka pemungutan daun yang baik pada tingkat tepat masak/hampir masak hal tersebut di tandai dengan warna keabu-abuan. Sedangkan untuk golongan sigaret pada tingkat kemasakan tepat masak/masak sekali, apabila pasar menginginkan krosok yang halus maka pemetikan dilakukan tepat masak. Sedangkan bila menginginkan krosok yang kasar pemetikan diperpanjang 5-10 hari dari tingkat kemasakan tepat masak.
Daun dipetik mulai dari daun terbawah ke atas. Waktu yang baik untuk pemetikan adalah pada sore/pagi hari pada saat hari cerah. Pemetikan dapat dilakukan berselang 3-5 hari, dengan jumlah daun satu kali petik antara 2-4 helai tiap tanaman. Untuk setiap tanaman dapat dilakukan pemetikan sebanyak 5 kali.

Sortir daun berdasarkan kualitas warna daun yaitu:
a) Trash (apkiran): warna daun hitam
b) Slick (licin/mulus): warna daun kuning muda
c) Less slick (kurang liciin): warna daun kuning (seperti warna buah jeruk lemon)
d) More grany side ( sedikit kasar ) : warna daun antara kuning-oranye.


Melinjo

Pohon Melinjo di Watulawang kebanyakan di tanam sebagai pohon pelindung atau pembatas yang di tanam di pekarangan rumah dan ladang, dan tidak di budidayakan seperti pohon jenitri. Meskiun demikian jumlahnya cukup banyak, terbukti kalau algi musim melinjo hampir seluruh warga menjual ke penampung.  Tanaman ini di biarkan begitu saja tanpa perawatan.

Cengkeh

94 responses

26 12 2008
otong wtl

bisnis jenitri enak….akeh duwite,,,apamaning siki wis mulai pada kembang jenitrine”””””sing duwe wit akeh tur woe bagus ia panen ia ha…..ha…haa

26 12 2008
otong wtl

tapi mlinjo karo cengkeh kurang bagus ora kaya jenitri ha…..aa…..aaa…..aa

4 05 2009
Cemang Saryan Dipakarya

Bener banget Reng!
Nandur jenistri, mbako, apa baelah…
Sing penting ijo…
Mantep!
Lets Go Green…
Dadi kan ora kur pines tok, dadi kelingan mandor Paimin Perkutukan ramane Supi…
Walah… 1st love…
Hahah… Tek kirim wit maoni…

12 05 2009
Gareng Cilik

kang cemang….
Rika kebagorane sisih ndi sih ya ?
badan dolan ya meng watulawang..

2 01 2010
Yanto Kajoran

kulanuwun kanca2 kabeh….,inyong wong Kuthowinangun….,pan aseng bisnis jenitri lokal utawane mbok rika butuh bibit stekan….,stek mata apa stek sambung insa Alloh bisa kabeh…,regane melu umume lah…..,kon nebas woh2ane ya gelem…,nek garep hubungi aku nang nomer iki ;081804827096.aku ya nampani jenitri bodongan utawane brserat siji utawane maning dempetan. kepareng para dulur kabeh…,aja pada kelalen yaaaa……

9 02 2010
Gareng Cilik

@ kang Yanto…
terima kasih infone..
ya tek iklan nae mbok ana sing garep tuku kang

28 04 2010
hasim

ya baguslah.

20 06 2010
Tugimin

Aku arep takon nek adole selain nang kebumen nang endi maning trim
s.

19 10 2010
Nyana

kula nuwun seduluur kabeh. aku wong karangpule sruweng. aku nandur jenitri stek cilacap nang sawah Keteb. 24 wit. tok gawe punthukan duwure kurang luwih 1meter.apa kira-kira bisa urip tahan lama? terus kepriwe carane ben cepet woh? sebab maune anu ora patia karep, sebeb ourung ngerti seluk beluk jenitri lan kewatir mbok ngemben ora payu merga saking akehe sing pada nandur jenitri. ning saking pintere sing adol bibit ahire nyong tertarik. salam kenal. iki emailku seger_seger@ymail.com hp ne 087837589188.

28 11 2010
batik pekalongan

wah… potensi bisnis ini sangat prospektif. ada yg mau kerja sama? hubungi saya di
http://pasarbatikpekalongan.com

14 11 2011
Lia Ajah

haiiiiii mau ksh info nih
kebetulan ortu bisnis ayakan jenitri, ayakannya 80% mirip ayakan pradip india, bahan ada yg stenlis ada yg seng/alumunium. bisa beli 1 set atau per buah, harga lebih terjangkau. mau pesen???? hub 085291819546

8 03 2012
Triya ygslldickt

Wah,,,,,,wah,,,,wah,,,,,, jenitri emng gwe heboh ,, di desa q jg rame pd panen jemitri, hasilnya emng lumayan , tp ko q heran di internet tu harganya ko sungguh mengejutkn yo,,,, sangat MAHAL ckckckckckckck

buat Triya, terima kasih sudah mampir di blog ini..
silahkan di sharing, siapa tahu bisa menjadikan peluang bisniss, mungkin dari Mb Triya tahu pemasaran yang bisa terima partai besar ?

13 04 2012
Aank

Bisnis konter ae

28 04 2012
mustolih

sedulur kabeh,,,nangendi sng tuku jntri kabeh nomer y,,??regane y sing umum,,tk tgu krja samane..

2 05 2012
Gareng Cilik

mas Aank, hehehe sumonggo

mas Mustolih, sampeyan dalame wonten pundi ?

7 06 2012
mahin

ni no saya mas, saya mau jual jenitri 081990922137. saya tinggal di cilacap

6 03 2013
bendy

saya mau jual biji ginitri banyak ada yg minat hbg 081327917423 boncu

14 03 2013
dwi

mas admin saya dwi di nusawungu cilacap, saya mau tanya kalau mau jual jenitri kemana ya? di rumah ibu saya menanam buah jenitri tapi bingung mau menjualnya ke mana. bisa minta tolong kasih tahu link tempat jual jenitri.

25 03 2013
mustolih

saya mustolih..saya cilacap..siapa yang menerima bji gntri kering semua ukuran.?saya juga punya biji gntri ukuran jumbo antra 2~3cm..siapa minat.?087719727576

25 03 2013
mustolih

saya punya biji gntri ukuran jumbo antra 2~3cm..siapa minat.?087719727576

16 04 2013
willy

sy mw beli jinitri dalam jumlah banyak silahkan hubungi sy 085740017818

19 05 2013
Yudi

Saya pnya buah jenetri banyk tp sy bingung bt menjual y bg yg ad info y tlng sms/call k nmr sy 081276318784 lokasi sy d jambi

13 08 2013
bayu

saya pencari jenetri siapa punya garis 7 untuk ukuran 8,9,10 mm bisa hubungi bayu no :083893790913

28 08 2013
Putu Kondra

Saya mw beli jenitri, yg punya stok boleh menghubungi saya di email : putukondra@gmail.com atau Hp. 085 7380 65167

9 09 2013
Anton Cilacap

saya ada jinitri muki 7,8,9,6,13

9 09 2013
Anton Cilacap

saya mau jual biji jinitri berbagai bentuk dan ukuran yg berminat call hp 081327917423 siap melayani berapa mintanya

18 10 2013
boss

saya cari jenitri …bisa ambil 300, 000 – 500,000 biji / bulan ctc 081317232823

10 12 2013
Dede Mulyana

di daerah saya banyak biji ganitri gmana caraa jualnya

19 01 2014
ruri

saya mw beli jenitri dlm jumlah bnyak hub, 087 885 525 885 kebumen

30 01 2014
Adit

saya adit,
saya kalo mau jual buah ganetri itu dimana ya?

7 03 2014
sri suparti

saya punya jenitri tpi bingung pemasaranny gmn?

9 03 2014
anton

JUAL GANITRI RUDAKSA BERBAGAI BENTUK DAN UKURAN YG BERMINAT CALL HP,,081327917423,,JUAL KAYU PINUS,AKASIA, SONOKELING ,SIAP MELAYANI PART BESAR

16 03 2014
Gareng Cilik

silahkan hub nomor 0812 84119988

22 03 2014
subkhan

kang bokan ana stok jenidri akeh . . . siap menampung singpenting hrg cocok,hub / 085328075678

4 04 2014
WIJAYANTO

SIAP LAYANI GANITRI UK 3CM UP GARIS 5 MINAT HUB 082111437834

10 04 2014
nikky syinten

adakah yang bisa memberi penjelasan tentang harga jimitri ke kami

23 04 2014
ratamto peniron

saya beli jenitri dg jmlh byk

23 04 2014
ratamto peniron

ok.lah siap,saya bl jenitri dg jmlh byk

26 05 2014
Isme Aziz

saya punya jinitri mukhi 7sampai 14 siapa mau beli
hp 082140309056

16 06 2014
woody

saya punya biji ganitri mukhi 10-15 bentuknya unik,dan biji ganitri dempet,
bingung jualnya kemana ya???

21 06 2014
piter

saya cari jenitri yg ada hbg saya 085319652222

23 06 2014
rufinjs78

JUAL GANITRI RUDAKSA BERBAGAI BENTUK DAN UKURAN YG BERMINAT CALL HP 08170220272
wechat : cakrufi88
http://jenitri-rudraksha.blogspot.com/

2 07 2014
Ahmad Sidiq

klo langsung ketempatnya dmnya?

3 07 2014
rufinjs78

Bisa kontek 08170220272
Wechat : cakrufi88
Ditunggu ya mas…
Kami beli.

10 07 2014
subagyo

SAYA mau jual jenitri dgn berbagai ukuran yg minat bsa hub i saya SUBAGYO. 0813 9261 8240,0857 2999 5789

18 08 2014
Jenitri Kebumen

Jual Biji Jenitri – Biji Genitri – Rudraksha
http://jenitrikebumen.wordpress.com

22 08 2014
irwhan

salam sukses agan-agan….saya punya ready stock jenitri papuan versi….mukhi 6-10 size 20mm keatas….. personal contact irwhan:081558531367

23 08 2014
Riyono Forsat

saya punya stok jenitri, ada juga jenis bodongan dan dempet, saya dari palembang. nope : 0821 7578 3999

25 08 2014
Rudraksha Indonesia

silahkan kirim foto dan price list jenitri anda ke
rudrakshaidndonesia@gmail.com barang cocok, barapapun akan kami ambil

28 08 2014
Vinna

Saya mau beli biji jenitri dalam kiloan. silahkan hubungi saya 087886626316

4 09 2014
asih

apakah anda petani genitri? saya mencari genitri 1 mukhi (satu garis)… hubungi pin BBM saya 29396CEF

6 09 2014
adhit kebumen

untuk anda yg kebingungan mau jual jenitri di daerah BANDUNG call kami 0878 3550 3229 .

9 09 2014
sholi

saya jual biji jenitri dengan berbagai ukuran.
minat hub : 085755333968, 087851968333

30 09 2014
Gareng Cilik

Maaf saudaraku saya sedang di luar
silahkan saling berbagi informasi

12 10 2014
Denny

Beli biji jenitri :

Ukuran 20-25mm harganya 250.000 perkilo
Ukuran 26-30mm harganya 10.000 perbutir

Kualitas bagus dan sesuai kriteria saya, barang saya angkut semua.

Hubungi
Denny
085213872782
Jakarta

24 10 2014
widodo genitri

Siap jd pelantara menjual jenitri dengan komisi 10%….hanya untuk Kebumen dan sekitarnya
hub. 082326863455

24 10 2014
widodo genitri

Siap menjadi pelantara menjual jenitri..dengan komisi 10%..hub.082326863455

7 11 2014
Sugeng saputro

Aku pengen belajar bisnis jenitri mbok ana sing gelem maraih

8 11 2014
indah

Saya mau jual biji ganitri,dari merauke,siapa yang berminat beli hubungi saya 085244113839.

28 11 2014
Vian Jingga

yang mau cari buah jenitri silahkan hubungi kami 082135229771 lokasi jawa tengah. dengan berbagai macam ukuran. berapa puluh kilo yg anda butuhkan kami siap berikan.

3 12 2014
mamora zuan

aku be due wit jinitri 4 wit pada woe wis ambrol ora tek urusi. mangsalae ora ngarti ngadole maring ngendi. mbokan ana sg pengin takon ge hp ne 081391818294

21 12 2014
sutoyo toyo

pak denny stok barang yang di maksud pak denny banyak klu berminat hb 085101173435

29 01 2015
fajar

Mbok ana sing butuh jenitri garis 5-7 , ukuran 12-20mm hubgi q ya 085770502225 pin.2195880c
Siap menerima pesanan part besar

15 02 2015
Rony

Kami membeli Genitri dari semua daerah, apabila anda ada stock, hubungi kami di 0812 8805 0588, dgn Pak Rony, Terimakasih

7 03 2015
Usep Rusmana El-Rohmaniy

saya pnya buar genitri dari ukuran kecil sampe besar, yang berminat silahkan hub no saya..081248144860

26 03 2015
dani

saya mau jual genitri , yang berminat hub 082322652961

21 04 2015
asep

mt mlm di daerah mana deni ,saya butuh jenistri bisa kontek saya 081270231554./082129368758 atau sms +6581427930 bbm.549fc519

30 04 2015
Suhari

Saya punya biji janitri banyak..yg butuh buah jenitri hub kami : 081390669067
Alamat jepara..atau COD jg bisa

1 05 2015
Ryan

Kl ada yang butuh ganitri / jenitri / rudrakhsa, baru panen bisa hub. Saya di 0812 9692 7779

5 05 2015
musliman

slamat siang juranga saya punya jenis jenitri semua ukuran ada yng ber minat hub .085722662581 .lokasi kebumen

18 05 2015
andi

yg mau jual jenitri. silahkan hubungi sya di bbm 55257cba ato 081210376199

31 05 2015
GUNAWAN

halooo met pagiiii

23 06 2015
mega

asalamualaikum saya punya bajak jenitri berbagai ukuran,,,yg minat beli hub,081903121508

28 06 2015
tolani

Mau jual genitri dan mau beli bibitnya..adakah punya info

30 06 2015
anjar setyowati

saya punya jenitri baru panen s\tok banyak.. minat hub 082301914443/bbm 572019F7/wechat :an_jars

26 07 2015
nur wahidh

senangnya yg habis panen jenistri gepengan karo kedirian

1 08 2015
Beny Bara

yang berminat biji genetri bisa hubungi saya via email : benybara@yahoo.co.id dan BBM PIN 583EF203.

Genetri berasal dari GUNUNG TAMBORA DOMPU NUSA TENGGARA BARAT.

4 08 2015
Gareng Cilik

Iya, Alhamdulillah walaupun sedikit membawa berkah, buat warga Watulawang

4 08 2015
Gareng Cilik

Ok bang, dicopy, bisa kirim contoh barang ke 741D4A41

23 09 2015
nata013ata

maz sedulur lampung maz, pingin di ajari budidaya jenitri, jowo asli sumpyung, sopo kih sing iso jadi guru tani jenitri, eneng nomer sing iso di hubungi

23 09 2015
nata013ata

iki nomerku 085729320008

27 09 2015
nur wahidh

Mantep tenan

27 09 2015
nur wahidh

Sipss

27 10 2015
agung

rega jenitri siki pira sih ,sing apik

22 11 2015
roby wae

saya banyak biji genitri brbagai ukuran.bila berminat hubungi saya 085211599996 roby .dijamin stok banyak

8 12 2015
nata013

saya mau tanya bisa tidak jenitri dikembangkan di rawa pasang surut, mohon infonya

13 12 2015
robywae

tahun ini panen saya buanyak sekali stok jenitri. bukan kwintal lagi . anda butuh berapa ton .,saya suplay ,,yg penting harga menurut pasaran aja..biar dikit yg pnting berkah,,betul gak gan??? hub,, 085211599996

13 12 2015
robywae

tahun ini panen jenitry saya buanyak sekali. bukan kwintal lagi. tapi ton. bg agan agan yg butuh jenitry siap saya suplay yg penting hrga ikut pasaran aja. hub saya 085211599996

13 12 2015
robywae

siapa yg mau tampung jenitry saya??tahun ini sekitar bulaaan maret jetry saya panen.stok bisa jadi ton bukan kwintal.hub 085211599996

13 12 2015
Robi Kelana

siapa yg butuh suplay jenitry??tahun ini stok saya buuaanyak,hub 085211599996

7 03 2016
restu

saya bingung saya punya kebun jenitri tapi bingung jualnmya kemana y?siapa yang mau beli

19 04 2016
syukur

Buat rekan rekan semua khususnya wilayah kab kebumen, kami membtuhkan kayu akasia dalam jumlah besar, diameter minimal 10cm,untuk produksi wood chip di wilayah kebumen,bagi yg mempunyai kebun akasia kami berminat membeli dgn sistem kubikasi. Hub 081280896800

26 04 2016
Sumaryanto

permisi Bos ny duwe jenitri kalteng mbok mnawane ana seng arep hbungi bae ky no qu 081257362576 brbgai mcam jenis

26 04 2016
Sumaryanto

Kulanuwun ,,kula sumaryanto sakeng wonosobo ..kulo gdah jenitri kalteng macam2 jenis mbok mnawa ana seng pan tku hbungi qu ae neng no 081257362576

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: