Manfaat Air Kelapa Muda ( Degan ) untuk Kesehatan & Kecantikan

22 10 2008
Kelapa Muda atau panggilan populernya Degan ternyata pemanfaatan nya bukan hanya sebagai penghilang haus, saya tertarik menyunting artikel ini dari OKzone.net, karena pemanfaatan kelapa yang luar biasa, dan mungkin kususnya bagi warga watulawang sendiri belum banyak ayng mengetahuinya, berikut adalah cuplikan nya :
Yang orang tahu tentang air kelapa muda adalah bahwa air kelapa muda bisa memuaskan dahaga orang. Membuat orang segar kembali setelah kehausan dan kelelahan. Tapi selanjutnya tak hanya sebatas itu. Air kelapa muda malah punya banyak kandungan berharga untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja kandungannya? Apa saja manfaatnya?

Menurut dr Inayah Budiasti S,MS SpGK, spesialis gizi dari Hang Lekiu Medical Centre, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pohon kelapa termasuk pohon yang serbaguna. Buah dan airnya bisa dikonsumsi, daunnya bisa dibuat hiasan janur atau sebagai kulit ketupat. Orang pedesaan biasa menggunakan batang pohon kelapa sebagai jembatan. Setelah buah dan airnya dikonsumsi, batoknya dapat digunakan sebagai arang pembakar. Sari buahnya diolah menjadi minyak.

Buah kelapa memiliki berbagai khasiat, antara lain, mengobati berbagai macam penyakit. “Air kelapa baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena diyakini dapat membuat kulit jabang bayi menjadi putih dan bersih,” terang dr Inayah. Selain itu, air kelapa juga bisa dibuat sebagai nata de coco dan kecap. Nata de coco dapat dikonsumsi sebagai minuman segar dengan campuran koktail, es buah, maupun pengganti kolang-kaling. Dan air kelapa yang sama ini bisa dibuat kecap dengan cara mencampurkannya dengan kedelai, gula merah, bawang putih, kemiri, daun salam, lengkuas, kluwak, dan natrium benzoat.

Ada kandungan mikro dan makro dalam air kelapa. Unsur makro yang terdapat dalam air kelapa adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbonnya berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Unsur nitrogennya berupa protein yang tersusun dari asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi. Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut, antara lain, kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S). Kandungan mineral dalam air kelapa dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Tak heran, setelah orang minum air kelapa muda, tubuhnya kembali segar.

Air kelapa juga mengandung banyak vitamin, antara lain, vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7-2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian, air kelapa dijadikan bahan baku produk pangan. “Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran dan cuka,” imbuhnya.

(Genie/Genie/tty)

About these ads

Aksi

Information

10 tanggapan

22 10 2008
cah bayeman

ngomong – ngomong soal DEGAN, nyong kiye malinge,, :D
pokoke urip nang watulawang mulya temenan, masalah degan ora usah kewatir, nang bayeman, apa maning nang pinggir ngalas jan saking gampange, asal gelem menek, mesthi ulih degan :D
hehehehhe kang, rika aja nganjurna pada nginum degan, mengko krambil nang watulawang ora ngasi pada tua, entong di colongi degan e, :p
salam

22 10 2008
Gareng Cilik

husss kang, nyong ora nganjurna kon pada nyolong,
aku mung aweh info, nek manfaate degan kuwe ora mung nggo tamba ngelak thok, dadi nek ngesuk nang watulawang ora ana krambil tuwa, ya bodoa, hahahahahhahahah
** men bakul krambul pada bingung

22 10 2008
Gareng Cilik

buat rekan -rekan yang lain maaf, koment di atas memakai bahasa khas watulawang, :) maklum, ketemu tetangga :)

23 10 2008
infoGue

Artikel anda di

http://kecantikan.infogue.com/manfaat_air_kelapa_muda_degan_untuk_kesehatan_kecantikan

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

28 10 2008
Info Lowongan Kerja Terbaru

emang bener bagetss, kelapa muda itu banyak faedahnya bagi manusia..
maka lestarikan pohon kelapa kita jangan sampai punah…

31 10 2008
Suhar

Dimasyarakat kita, memang degan juga dipercaya membuat kulit jadi bersih sehingga ibu yg sedang mengandung disarankan sering minum air degan.

Waktu istri saya mengandung juga begitu. Paling tidak 2 kali seminggu selalu mengkonsumsi air degan. Hasilnya, waktu lahir kulit anak saya sangat bersih.

Dulu saya cuma ikut saran orang. Khasiat air degan baru tau setelah baca artikel ini. Di daerah kita, hal semacam itu masih jarang yg mempraktekan hingga ibu dan Saudara2 saya
juga sedikit heran dg kulit bayi yg halus dan bersih.

Mungkin air degan itu yg bikin kulit bayi halus dan bersih. Dan berarti betul saran orang2 tua.

31 10 2008
Gareng Cilik

hehe, makasih kiye sedulur semua masukannya
ngesuk nek bojoku agi meteng, tek ombeni degan nggal dina, ben mengko nek anake lahir bersih mbanget, heheehhehe

31 10 2008
Suhar

Nek nang kota bisa nginum degan saben dina Kang, soale kari tuku.
Lha nek nang ndesa kon saben dina menek wit krambil ya malah domehi bojone wong nek wengi ora bisa menek. Haha

3 11 2008
Gareng Cilik

hahah kang suhar ana ana bae rika yahhh..
tuku kan angger duwite ana, nek nang ndesa kan gratis kang, trus nek ora bisa menek dewek bisa kongkonan boca, :D bocah nom kan agi kemancil kemancile kon menek wit krambil, hehe, mangga…

15 11 2008
kesehatan kecantikan

artikel yang menarik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: